Sabtu, 06 Maret 2010

TIngkatkan Keimanan, Peringati Maulid

Sholawat telah berkumandang sejak pagi di aula SMANSA pada 27 Februari 2010 lalu sebelum acara puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Semarak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1431 H telah semarak sejak 2 hari yang lalu di SMANSA. Berbagai lomba diadakan untuk menggali bakat dan potensi siswa dalam rangka meningkatkan keimanan dan kecintaan kepada Rasulullah SAW. Lomba-lomba yang diadakan antaranya lomba kaligrafi, lomba tilawatil qur’an dan lomba cerdas cermat agama (CCA).
Pada hari sebelumnya, telah diadakan penyisihan untuk lomba CCA, lomba kaligrafi dan juga lomba tilawatil quran. Antusias siswa dalam peringatan ini cukup baik terutama pada lomba CCA. Semua kelas X dan XI mengirimkan perwakilannya untuk megikuti penyisihan dan selanjutnya di ambil 3 besar sebagai finalis. Akhirnya terpilih 3 besar sebagai finalis yaitu kelas XI IA 7, XF, dan kelas XI IA 5 yang akan memperebutkan juara I,II dan III pada puncak peringatan.
Lomba tilawatil quran dilaksanakan bersamaan dengan penyisihan CCA yang terfokus di musholla SMANSA. Sebagai tim juri adalah Bapak Ihsan, Bapak Mahfud, Ibu Muntiamah, dan Bapak Nasori. Terlihat persiapan telah dilakukan oleh para peserta sejak pagi sambil menunggu lomba dimulai. Ada yang memperdalam hafalan ada juga yang memperbaiki bacaan sesuai surat yang telah dipilih.
Untuk lomba kaligrafi diadakan sore hari. Peserta yang mengikuti lomba diminta untuk mebuat akligrafi mereka dengan media kertas A3 yang bisa mereka kreasikan dengan kreatifitas mereka. Ada yang membawa pernak-pernik untuk menghiasi kaligrafi mereka , ada pula yang membawa bahan warna lain selain pewarna yang umum digunakan untuk menggambar. Mereka diberi waktu 2 jam untuk menyelesaikan kreasi mereka sebelum diberi penilaian oleh tim juri yaitu Bapak Ihsan, Bapak Taufik dan Bapak Sudarji. Aspek yang dinilai adalah ketepatan lafal, kreastifitas dan juga keindahan.
Peringatan puncak Maulid Nabi diadakan final lomba CCA dan juga ceramah agama. Ketiga finalis bersaing dalam 3 babak. Kecepatan berfikir dan menentukan jawaban serta kekompakan tiap tim diuji dalam final ini. Akhirnya, kelas XI IA 7 terpilih sebagai juara I, kelas XI IA 5 sebagai juara II dan kelas XF sebagai juara III.
Sebelum ceramah agama dimulai, para siswa dihibur oleh paduan sholawat dari Rohani Islam (ROHIS) SMANSA Tuban di bawah binaan Bapak Koesworo B.M.. Kemudian acara dibuka oleh lantunan ayat suci Al-quran oleh juara I lomba tilawatil qur’an. Ceramah agama kali ini disampaikan oleh Drs. Ainul Yakin yang bertemakan akhlaq generasi muda saat ini. Dalam ceramah agamanya banyak pesan moral yang mengajak generasi muda saat ini sadar akan hal-hal yang mereka lakukan yang sering bersinggungan langsung dengan agama supaya selalu berhati-hati dalam hal-hal tersebut. Puncak acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1431 H ditutup dengan doa oleh Bapak Mahfud untuk kesuksesan seluruh guru yang mendidik dan siswa yang belajar serta kesuksesan keluarga besar SMANSA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar