Senin, 18 Mei 2009

PASGASSUS,Tegas, Cerdas, Lugas!!!


Pasukan Petugas Khusus atau yang lebih dikenal dengan PASGASSUS adalah sebuah pasukan khusus di SMA Negeri 1 Tuban yang terlatih dalam PBB dan disiapkan untuk mengikuti acara-acara seperti Upacara Hari Besar dan Upacara penting di sekolah. Eksistensi PASGASSUS menjadi sangat membanggakan dengan beberapa prestasi. Selain menjadi pengirim wakil wajib pada Paskib Kabupaten Tuban, PASGASSUS juga menorehkan beberapa prestasi yaitu juara 1 dan 3 lomba gerak jalan umum Kabupaten Tuban 2007 dan Juara 2 Lomba PBB tingkat Provinsi Jawa Timur 2009.
Pasukan ini didirikan beberapa tahun yang lalu. Ide pencetusan pasukan ini bermula dari pembina kesiswaan yang hingga saat ini masih menjabat sebagai pembina utama PASGASSUS yaitu Bapak Koesworo BM. Penjaringan anggota dmulai saat Masa Orientasi Siswa (MOS) dimulai, dengan melihat bakat dan potensi yang dimiliki siswa baru. Namun, tidak menutup kesempatan bagi siswa yang tidak terpilih di saat MOS untuk mengajukan diri. Setelah itu, para anggota baru dibina oleh para senior dalam satu wadah Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).
PASGASSUS dilatih tidak hanya menjadi seorang yang disiplin, namun terdapat kemampuan lainnya. Yaitu percaya diri, toleransi, kemampuan memecahkan masalah, kreatifitas dan beberapa kemampuan lainnya. Sehingga diharapkan dapat dibentuk siswa yang tegas, cerdas dan lugas sesuai semboyan PASGASSUS. Dengan sistem regenerasi yang terus-menerus dilaksanakan, semua anggota mendapat pelatihan yang merata. Para alumni PASGASSUS sendiri banyak yang telah bergabung dengan akademi militer maupun polisi berbekal dengan kemampuan yang telah dilatih selama menjadi anggota PASGASSUS. Hal ini menunjukkan hasil dari sistem di PASGASSUS dan menunjukkan perlunya eksistentsi PASGASSUS. Jayalah PASGASSUS SMANSA!!!!

1 komentar: